Coba Unik-unik

Bermusuhan bikin jantung tidak sehat

Posted on: Mei 20, 2010

FAKTOR risiko penyakit jantung seperti usia dan jenis kelamin tidak bisa diubah. Akan tetapi, Anda tetap bisa menurunkan risiko gangguan jantung dengan mengontrol faktor-faktor risiko yang bisa diubah, seperti stres, diet serta berat badan.

Berikut lima perubahan gaya hidup yang bisa menajdi panduan Anda dalam memaksimalkan kesehatan jantung.

Hindari stres dan permusuhan
Stres akibat tekanan kerja sehari-hari mungkin sudah membuat Anda terbiasa sehingga tidak menyadari bahwa jantung Anda dalam kondisi berisiko. Stres kronis dan penyakit jantung koroner berjalan bersisian. Stres, menurut para pakar, berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol, hipertensi, dan sejumlah kebiasaan tidak sehat yang cenderung Anda jalani sebagai upaya menghilangkan efek stres.

Sekain itu, cobalah memperhatikan mood atau suasana hati Anda. Jika Anda sering bad mood, sudah waktunya menangani stres Anda. Studi-studi menunjukkan bahwa stres dan permusuhan merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung.

Berhenti merokok
Merokok merupakan penyebab satu dari lima kematian akibat penyakit jantung. Merokok merusak pembuluh darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol baik HDL, mengganggu aliran darah dan menyebabkan hipertensi. selain itu, merokok juga berkaitan dengan resistensi insulin dan serangkaian masalah yang dikenal dengan sindrom metabolik.

Olahraga teratur
Cobalah gerakkan tubuh Anda. Jika tidak membakar kalori, tubuh akan menyimpan kalori tersebut dalam bentuk lemak. Terlalu banyak lemak akan menyebabkan peningkatan kadar lemak darah trigliserida dan kolesterol jahat LDL (keduanya tidak baik untuk jantung).

Asosiasi Jantung Amerika mendukung aktivitas aerobik teratur karena diyakini bisa meningkatkan kebugaran dan kemampuan berolahraga. Dalam jumlah minimum, latihan selama 20 hingga 30 menit sehari bisa mencegah penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Selain itu, cara ini akan membantu Anda mengukir lingkar pinggang.

Ikuti pola diet sehat
Makan sehat tidak hanya menambah asupan sayur dan buah. Penelitian telah menemukan rahasia sehat dari whole grain, almond, jus buah dan bahkan cokelat. Upayakan mengonsumsi makanan segar. Cobalah memilih makanan sehat dan mengganti makanan yang kaya garam, gula, serta lemak trans.

Kontrol berat badan
Menurut Asosiasi Jantung Amerika, masalah berat badan merupakan pemicu 112.000 kematian per tahun di Amerika. Dan penyakit jantung lebih banyak dijumpai pada orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Kelebihan berat badan dinyatakan bisa memicu serangan jantung dan kematian. Berat badan ekstra bisa meningkatkan tekanan darah, kadar trigliserida, menurunkan kadar kolesterol baik HDL dan membuat Anda lebih berisiko terserang diabetes dan kanker. Cobalah mengontrol berat badan dengan diet sehat dan olahraga teratur. Jika memerlukan bantuan, berkonsultasilah dengan dokter atau pakar nutrisi.

metro news

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

arsip

my archieve

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: